90 Korlap UPSUS SIWAB Regional III Berkumpul di Pulau Laskar Pelangi

Belitung – Bertempat di Hotel Bahamas Belitung, sebanyak 90 orang yang merupakan koordinator lapangan Kegiatan Penanganan Gangguan Reproduksi dan Sinkronisasi Birahi dari 4 Propinsi yaitu Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung dan Lampung berkumpul dalam rangka Evaluasi Kegiatan penanganan gangrep dan sinkronisasi birahi UPSUS SIWAB 2018.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Veteriner Lampung selaku penanggungjawab wilayah Regional III yang membawahi 4 Propinsi tersebut. Kegiatan ini diagendakan selama tiga hari yang dimulai hari ini (28/11).

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah evaluasi penanganan gangguan reproduksi dan kesembuhannya serta sinkronisasi birahi sebagai upaya optimalisasi reproduksi untuk meningkatkan realisasi capaian UPSUS SIWAB 2018 di Provinsi Lampung, Bengkulu, Sumatera selatan dan Bangka Belitung.

Dalam sambutannya, Nasirudin selaku Kepala Balai Veteriner Lampung menyatakan bahwa keberhasilan penanganan gangrep adalah bagian dari keberhasilan siwab. Sapi indukan yang mengalami gangguan reproduksi, sulit untuk birahi dapat sembuh, di IB dan beranak akan memberikan dampak ekonomi yg sangat signifikan bagi peternak.

IMG-20181128-WA0066

Acara diharapkan berlangsung interaktif dengan peserta yang merupakan koordinator lapangan kegiatan gangrep yang akan memaparkan kasus, penanganan dan kesembuhan dilapangan. Kasus – kasus tersebut selanjutnya akan dibahas bersama oleh narasumber – narasumber yang kompeten dibidangnya. Beberapa narasumber ahli yang akan berbicara dan menjadi pembahas pada kegiatan ini antara lain Drh. Irpansyah Batubara dari Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Drh.Nasirudin dari Bvet Lampung, Dr. Drh. Surya Agus, MP dari UGM, Drh. Amrozi, Ph.D dari IPB, Drh Langgeng Prihanto, M.Si dari Universitas Sriwijaya serta drh. Sunaryanto, M.Sc sebagai praktisi gangrep hewan besar.

Diharapkan dari kegiatan ini dapat diperoleh masukan penanganan gangrep dan sinkron serta manajemen reproduksi yang baik untuk perbaikan kegiatan dimasa yang akan datang.

BERITA TERKINI