Bahas Permentan Status, Situasi dan Peta PHMS

statusTelah dilakukan pembahasan Permentan yang diinisiasi oleh Kasubdit P2H dihadiri oleh Balai Veteriner se-Indonesia. Yang bertujuan dalam penyeragaman peta dan mendiskripsikan kasus kejadian penyakit hewan menular strategis.

Terjadi perbedaan pandangan dalam menerjemahkan konsep permentan Status, Situasi dan Peta Penyakit Hewan Menular. Apakah terpisah pengertian Status dan Situasi atau menjadi satu kesatuan? Dipastikan itu merupakan satu kesatuan seperti yang tertulis dalam PP no 47 tahun 2014. Tetapi yang mengeluarkan Status adalah dari pihak Menteri atas dasar dari laporan situasi penyakit hewan yang didasarkan atas peta yang dihasilkan secara berjenjang hingga ke pusat. Pembahasan berikutnya tentang isi dari peta yang ditanyakan oleh penulis ternyata tidak jelas dalam alat uji yang digunakan sehingga sangat dimungkinkan ke depan terjadi ketidakjelasan dalam menuangkan penyakit dalam peta. Karena menurut penulis yang dipetakan adalah penyakit hewan bukan respon atas pengujian yang di lakukan terhadap 22 penyakit hewan menular strategis.

Tentunya hal ini menjadi pekerjaan yang tidak mudah untuk menjelaskan kepada customer seandainya peta tidak dibuat dipisah antara yang akan dilaporkan ke Menteri dengan yang dibukukan untuk keperluan masyarakat untuk segera melakukan tindakan yang cepat.

drh Triguntoro, MP

BERITA TERKINI