Bimtek dan Monev SPI untuk Peningkatan Kinerja

CIMG1029Pembangunan peternakan dan kesehatan hewan memerlukan sinergisitas dan jejaring yang kuat antar laboratorium veteriner, puskeswan dan UPT perbibitan yang ada di wilayah kerja.  Otonomi daerah dan egosentris kelembagaan telah mengkotak – kotakkan fungsi sehingga pemberantasan dan pengendalian hewan menular menjadi tidak holistik dan terintegrasi.  Oleh karena itu perlu jejaring kerja yang menyatukan fungsi tersebut.  Balai Veteriner sendiri bertindak sebagai focal point dengan melakukan pembinaan kepada laboratorium daerah (provinsi dan kabupaten/kota), petugas puskeswan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan hewan serta pencegahan penyakit hewan menular berupa bimbingan teknis (Bimtek) kepada upt perbibitan, laboratorium daerah dan puskeswan.

BPTU

Selain itu untuk efektifitas kegiatan dilakukan juga  monitoring dan evaluasi (monev) oleh tim satuan pelaksana pengendalian internal (Satlak PI) sehingga  diperoleh masukkan untuk peningkatan  pelayanan  BVet Lampung,  monitoring dan evaluasi kegiatan Balai di wilayah kerja. Kegiatan meliputi peningkatan kompetensi laboratorium veteriner daerah, pemberdayaan puskeswan dan peningkatan kemampuan diagnostik UPT perbibitan yang di wilayah kerja Balai Veteriner Lampung.  Koordinasi dan kerjasama ini diharapkan dapat memperkecil hambatan sehingga informasi dan data terkait epidemiologi penyakit (populasi, kasus penyakit) dapat lebih baik lagi.

curup puskeswan2Bimtek dan monev SPI  dilakukan  secara marathon di bulan Juli yang bertepatan dengan bulan ramadhan.  Tahapan  kegiatan terdiri dari: koordinasi dengan dinas, laboratorium dan puskeswan terkait kebutuhan bimtek apa saja yang diinginkan.   Setelah identifikasi kebutuhan dilakukan kunjungan dengan membagi kedalam beberapa tim yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai Veteriner Lampung.  Setiap tim  terdiri dari kombinasi tim bimtek dan monev.

  Beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan yaitu :

  1. Bimtek di BPTHMT Sembawa berupa pelatihan HA/HI AI dan ND, uji aglutinasi cepat pulorum dan RBT serta bimbingan terkait biosecurity kandang dan ternak.   Kegiatan diikuti dengan pembinaan di puskeswan dan Dinas di Kabupaten Muara Enim, OKU dan OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan.  Kegiatan dilakukan pada tanggal 1 – 4 Juli 2014.
  2. Bimtek di puskeswan Curup dan Bengkulu Tengah berupa pelatihan diagnosis  parasit gastrointestinal.  Kegiatan dilakukan pada tanggal 15 – 18 Juli 2014.
  3. Bimtek dan monev di Dinas Peternakan atau yang membidangi peternakan terkait penguatan jejaring dan koordinasi kegiatan.  Kegiatan dilaksanankan di Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah dan Seluma, Provinsi Bengkulu.  Kegiatan dilakukan pada tanggal 15 – 18 Juli 2014.
  4.  Bimtek di Laboratorium type B Provinsi Bengkulu berupa pelatihan diagnosa Rabies dengan pengujian Sellers dan ELISA Antibodi Rabies.  Kegiatan dilakukan pada tanggal 15 – 18 Juli 2014.
  5. Bimtek di Laboratorium type B Provinsi Bangka Belitung pada tanggal 23 – 25 Juli 2014.

Demikianlah kegiatan bimtek dan monev yang dilakukan oleh BVet Lampung di wilayah kerjanya selama bulan ramadhan ini.  Semoga membawa berkah dan kebaikan untuk semua.

BERITA TERKINI