BPPV Regional III lakukan surveilans AI pada unggas air

Merebaknya kasus flu burung pada unggas air di Jawa Tengah dan Jawa Timur membuat BPPV Regional III waspada. Pada Desember 2012, BPPV Regional III melakukan surveilans dan monitoring yang dikhususkan pada unggas air. Hal ini juga merupakan salah satu strategi guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya peningkatan kasus AI pada unggas di bulan Januari s/d April setiap tahunnya bersamaan dengan perubahan iklim yang ekstrim di musim penghujan, maka telah diterbitkan Surat Edaran Menteri Pertanian kepada para Gubernur No. 35 tanggal 26 Januari 2012 guna meningkatkan pelaksanaan 8 Strategi Utama Pengendalian AI pada unggas adalah (1) Biosekuriti (2) Depopulasi (3) Surveilans (4) Vaksinasi (5) Pengawasan Lalu Lintas Unggas (6) Restrukturisasi Usaha Perunggasan (7) Public Awareness (8) Penegakan peraturan dan penerapan SOP.

Berdasarkan situs resmi Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, update perkembangan AI sampai dengan November 2012 adalah sebagai berikut:

  • Jumlah kasus AI sebanyak 15 kasus di 15 desa (diantara 76.613 desa se-Indonesia) pada 14 Kab/kota di 9 Provinsi, yakni: Jawa tengah 3 kasus ( Demak, Cilacap dan Wonogiri), Jawa Timur 2 kasus (Lamongan dan Tulungagung), Banten 2 kasus (Lebak dan Tangerang), Jambi 2 kasus (Muaro jambi), Riau 2 kasus (Siak dan Pekan Baru), Sumatera Barat 1 kasus (Bukittinggi), Sulawesi Selatan 1 kasus (Pinrang), Kalimantan Timur 1 kasus (Bontang) dan Bengkulu 1 kasus (Bengkulu),
  • Menyebabkan kematian unggas sebanyak 4747 ekor (1330 ekor ayam kampung, 950 ekor itik, 17 ekor entog dan 2450 ekor Puyuh).
  • Kasus paling tinggi terjadi di Prov. Jawa Tengah, yakni 3 kasus pada 3 desa yang menyebabkan kematian unggas 2450 ekor puyuh, 450 ekor itik dan 30 ekor ayam kampung.

Berikut data lokasi daerah BPPV Regional III yang telah dilakukan pengambilan sampel

satgas

BERITA TERKINI