Kategori
Artikel Berita Terbaru

Bvet Lampung Hadiri ‘Regional Workshop Biosafety Cabinet’ di Bangkok

Bangkok – Bertempat di Richmond Hotel, Bangkok -Thailand, Kepala Seksi Informasi Veteriner Balai Veteriner Lampung, Tri Guntoro menghadiri kegiatan Regional Workshop Biosafety Cabinet yang diadakan oleh FAO pada 26-28 November 2018. Selain dari Balai Veteriner Lampung, Indonesia juga diwakili oleh Balai Besar Sertifikasi Obat Hewan, Bogor.

Kegiatan ini dihadiri oleh 10 negara asia tenggara lainnya dan dilaksanakan selama 3 hari meliputi teori dan praktek. Pada workshop ini peserta mampu membedakan jenis BSC, teknik melakukan maintenance (perawatan), penilaian terhadap kondisi BSC dan sertifikasi BSC.

Prinsip kerja BSC  (Biological Safety Cabinet) yaitu menciptakan aliran masuk udara untuk melindungi operator yang sedang menangani sampel biologis yang beresiko dengan membuang udara keluar melalui HEPA (High Efficiency Particular Air) filter. Tujuan dari penggunaan BSC terutama dalam laboratorium mikrobiologi yaitu untuk melindungi operator dari mikroorganisme. Kebanyakan BSC juga menawarkan produk yang dapat menjaga sampel dari kontaminan ruangan. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan penerapan Biosafety dan Biosecurity.

bsc