Kategori
Berita Terbaru

Bvet Lampung Lakukan Penilaian Satlak PI Triwulan II

IMG_20140703_143639Bandar Lampung, 3 Juli 2014 – Dalam penyelenggaraan pemerintahan dewasa ini, telah terjadi pergeseran paradigma dari rule government menjadi good governance. Paradigma good governance tidak hanya terbatas pada penggunaan peraturan perundang-undangan yang berlaku, tetapi juga penerapan prinsip penyelenggaraan pemerintahan yang baik, yang melibatkan unsur-unsur internal dan eksternal birokrasi. Dengan demikian instansi pemerintah dituntut untuk mampu mengelola keuangan negara yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008, tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Saat ini Bvet Lampung sedang melakukan penilaian satlak PI triwulan II tahun 2014. Tim yang diketuai oleh drh Enny Saswiyanti, MSi menilai pelaksanaan kegiatan di Bvet Lampung berdasarkan 5 unsur SPI yaitu Lingkungan Pengendalian, Penilaian Risiko, Kegiatan Pengendalian, Informasi dan Komunikasi dan Pemantauan berkelanjutan.

Hasil sementara dari Penilaian Satlak PI Triwulan II ini antara lain menyatakan bahwa disiplin pegawai sudah diterapkan dengan baik, terlihat dari tingkat kehadiran dan ketepatan hadir tepat waktu serta penerapan PP 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS dan Peraturan Menteri Pertanian No. 45/permentan/OT.140/4/2014 yang sudah berjalan sesuai aturan.

Beberapa hal yang perlu ditingkatkan antara lain mengenai SOP kegiatan yang terus harus diperbaharui serta melakukan pemantauan yang berkelanjutan. Kegiatan ini rencananya dijadwalkan selesai pada hari jumat besok (4/7/14). [farizal]