Kategori
Berita Terbaru

Bvet Lampung Monitoring Brucellosis di Tulang Bawang

DSC02265

Dalam rangka mempertahankan status Bebas Brucellosis di wilayah kerjanya, Bvet Lampung terus melakukan Surveilans dan Monitoring secara rutin dan berkelanjutan. Pada 19 Agustus lalu, Tim yang dipimpin drh. Celentina Pardya Putri menuju ke Meraksa Aji, salah satu kecamatan di Kabupaten Tulang Bawang, Propinsi Lampung. Kegiatan yang dilakukan adalah mengumpulkan data lapangan dengan metode wawancara, pengamatan langsung melalui pemeriksaan fisik dan klinis, seleksi ternak untuk pengambilan sampel, dan terakhir pengambilan sampel di lapangan.

Jumlah ternak sapi yang dimonitor di Kecamatan Meraksa Aji yaitu 36 ekor. Pengambilan sampel meliputi sapi betina maupun jantan. Berdasarkan wawancara dengan peternak diketahui bahwa sistem pemeliharaan sapi secara tradisional, Sapi – sapi tersebut sebagian milik kelompok tani, sebagian milik perorangan. Sapi berasal dari belantik kecamatan setempat. Dari pengamatan di lapangan kondisi tubuh sapi mayoritas mempunyai BCS 2.

Dari hasil monitoring ini di dapat kesimpulan bahwa Kebersihan lingkungan kandang mayoritas sudah cukup baik, namun pemberian pakan tambahan perlu dipertimbangkan. Sanitasi dan kebersihan lingkungan kandang diharapkan dapat dipertahankan. Manajemen pemeliharaan diharapkan dapat lebih ditingkatkan (pemberian pakan).

Laporan drh. Celentina Pardya Putri