Kategori
Berita Terbaru

Bvet Lampung: Pastikan Hewan Qurban ASUH

Hari Raya Idul Adha 1438 H,  medik dan paramedik Balai Veteriner Lampung melakukan pengawasan dan pemeriksaan di Tempat Penjualan Hewan Qurban di beberapa lokasi di kota Bandar Lampung dan Lampung Selatan. Selain itu pemeriksa dan pengawas, memeriksa hewan (ante mortem) dan daging qurban (post mortem), bertujuan untuk mencegah penyakit hewan dan menjamin kualitas dan keamanan daging qurban agar halal serta higienis. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam kegiatannya para petugas pemeriksa dibekali thermometer serta formulir untuk ante dan post mortem. Peralatan tersebut sangat penting dalam rangka pemeriksaan dan pengawasan baik sebelum pemotongan (pemeriksaan antemortem), pengawasan proses pemotongan dan pemeriksaan setelah pemotongan (pemeriksaan postmortem). Hal tersebut perlu dilakukan untuk mencegah pemotongan hewan yang sakit dan memantau penyakit hewan menular terutama yang bersifat zoonosis (penyakit yang ditularkan oleh hewan kepada manusia) serta menjamin keamanan dan kualitas daging,”

Pemeriksaan ante mortem oleh medik veteriner Bvet Lampung
Pemeriksaan ante mortem oleh medik veteriner Bvet Lampung

Pemeriksaan ante mortem yang dilakukan didapatkan sapi yang belum sesuai umurnya bahkan ada yang ditemukan yang betina dan produktif. Dan pemeriksaan post mortem masih juga ditemukan infestasi cacing Faschiola di hati dan Paramphistomum (porangan) di organ pencernaannya.

Pemeriksaan Post Mortem: ditemukan cacing Faschiola
Pemeriksaan Post Mortem: ditemukan cacing Faschiola

Pemberian penyuluhan dan pendampingan menjadi salah satu cara untuk berkurban yang lebih baik. Karena diketahui bersama bahwasannya kegiatan kurban ini memiliki 2 nilai yakni nilai ibadah dan nilai sosial sehingga perlu dipersiapkan lebih baik lagi.

oleh drh Tri Guntoro, MP