Dahsyatnya Silaturahim. Ini Buktinya.(1)

Oleh Damanhuri Zuhri

OLYMPUS DIGITAL CAMERA//Silaturahim// yang dalam bahasa Indonesia berarti menyambungkan kasih sayang, memiliki kedahsyatan. Tak percaya? Ini buktinya. Berbekal silaturahim, Aqua Dwipayana, penulis buku ‘Berhenti Kerja semakin Kaya’ banyak mendapatkan kemudahan.

Tak hanya dalam bentuk materi, tapi juga kemudahan lainnya.”Sampai saya mudah melakukan perjalanan ke sejumlah negara seperti Myanmar, Laos, Vietnam, Thailand, Malaysia dan Singapura belum lama ini,” ungkap Aqua pada  peluncuran dan bedah buku ‘Berhenti Kerja Semakin Kaya’ di Jakarta Rabu (23/1) malam.

Hobi bersilaturahim, sudah dilakukan Aqua sejak kecil. Itu ia lakukan mencontoh almarhum ayahnya. Kepada semua anaknya, kata Aqua, ayahnya selalu mengajarkan untuk bersilaturahim kepada teman-temannya.

Walau pun ia sendiri tak mengerti apa yang dibicarakan sang ayah dengan teman-temannya, ayahnya memberikan contoh tentang perlunya menjalin silaturahim dengan banyak orang terutama teman-teman ayahnya.

Hasil pembelajaran silaturahim yang ditanamkan sang ayah, ia petik ketika duduk di bangku kelas II SMA tahun 1986. Ia dengan mudahnya keliling Indonesia dengan modal uang seadanya. ”Saya sampai ke Makassar hingga ke Balikpapan, berkat bantuan teman-teman ayah,” ujarnya penuh syukur.

Sebelum keliling Indonesia, ayahnya menelpon dan berkirim surat kepada teman-temannya bahwa anaknya akan mengunjungi berbagai kota di Indonesia. Dengan ongkos seadanya, pria kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara 23 Januari 1970 ini, bisa berkeliling Indonesia selama dua bulan tiga hari dengan menumpang pesawat, kapal laut dan bus.

”Ternyata yang namanya silaturahim atau dalam bahasa modern sering disebut networking, merupakan sesuatu yang sangat diperhatikan bahkan didorong dalam islam,” ujarnya.

Ia kemudian mengutip hadis Nabi saw yang diriwayatkan Muslim, Bukhari dan Abu Dawud yang artinya, ”Barangsiapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambungkan (tali) silaturahim.”

Sumber: Republika Online

BERITA TERKINI