Kategori
Berita Terbaru

English Day di Balai Veteriner Lampung

Pada era globalisasi dimana dunia seolah tanpa sekat kemampuan bahasa inggris mutlak diperlukan. Sebagai bahasa internasional dan bahasa pengantar nomor satu di dunia  dengan menguasai bahasa inggris seseorang dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan dunia internasional.   Wawasan dan kepercayaan diri pun semakin meningkat. Untuk itu perlu pengenalan dan pembiasaan – pembiasaan agar bahasa inggris tidak hanya sekedar pelajaran tetapi juga dapat dijadikan alat komunikasi.

Balai Veteriner Lampung adalah satu diantara balai yang melakukan penyidikan dan pengujian veteriner di Indonesia tentu tidak bisa lepas dari pergaulan dunia internasional.  Oleh karena itu kemampuan untuk berkomunikasi baik lisan dan tulisan sangat diperlukan, baik itu saat menerima tamu, pelatihan di luar negeri atau seminar – seminar berskala internasional.

Beberapa hal yang harus diperhatikan seseorang untuk memudahkan mempelajari dan menjadikan bahasa inggris sebagai alat komunikasi, diantaranya :

  1. Mengenali bahasa inggris;
  2. Menyukai bahasa inggris;
  3. Mendengarkan, membaca dan menonton film yang mengunakan bahasa inggris, karena apabila seseorang terbiasa mendengarkan kata kata yang mengunakan bahasa inggris maka otak kita akan otomatis merekam bahasa inggris yang pernah kita dengarkan tersebut;
  4. Berani mengekspresikan diri mengunakan bahasa Inggris.

Agar berani berbicara dan terbiasa menggunakan bahasa inggris maka Balai Veteriner Lampung mengadakan pelatihan bahasa inggris kepada seluruh karyawan dan karyawati.  Pelatihan dilakukan setiap hari kamis dengan pengajar Ms Ely Jadzyk dari Universitas Lampung.  Pelatihan dilakukan seminggu sekali selama 3 bulan.  Materi pelatihan yang diutamakan adalah communicative speaking and listening skills dengan pokok bahasan antara lain greeting, presentation, dan lain – lain.

Selanjutnya agar ilmu yang didapat dapat langsung diaplikasikan maka diadakan english day pada hari jum’at.  Karyawan dan karyawati diharapkan berkomunikasi menggunakan bahasa inggris dalam menjalankan tugas sehari – hari walaupun terbata – bata dan semampunya.   Keberanian dan pembiasaan adalah output utama dari kegiatan ini sehingga Balai Veteriner bisa go international bukan hanya mimpi. [yunianto]