Kategori
Berita Terbaru

Forum Pengelolaan Website : Keterbukaan layanan publik berbasis website

Teknologi informasi memegang peranan penting dalam komunikasi dan informasi saat ini, dengan media yang ada sekarang setiap orang dengan mudah mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan. Sarana yang paling sering di kunjungi adalah website, banyak sekali website yang sering di temukan dengan berbagai bidang informasi dan pengetahuan. Untuk meningkatkan layanan publik berbasis website pusdatin mengadakan lomba lingkup kementerian pertanian.Ditjen PKH yang di wakili beberapa UPT salah satunya Balai Veteriner Lampung terpilih sebagai peringkat III keterbukaan layanan publik berbasis website tahun 2015. Sebagai pemenang III bvet lampung  diundang sebagai narasumber dalam acara forum pengelolaan web yang merupakan salah satu wadah untuk sharing bersamatentang pelayanan publik lingkup dirjen PKH.

Sesuai pasal 28F UUD 1945 hasil amandemen bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.  Oleh karena itu perlu keterbukaan terhadap informasi publik karena tuntutan masyarakat atas pengelolaan tata pemerintahan yang jujur, bersih dan transparan sangat tinggi.Kebutuhan akan keterbukaan terhadap layanan publik ini diatur pada UU No. 14 tahun 2008.

Informasi publik adalah Informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan Negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan badan public lainnya sesuai dengan UU serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik. Layanan keterbukaan informasi publik menjadi tuntutan dan kebutuhan agar semua bisa mendapatkan informasi dengan terbuka, transparan dan sesuai fakta.  Dan lomba ini diharapkan bisa memacu UPT – UPT lingkup kementerian pertanian untuk lebih aktif lagi memberikan layanan informasi publik kepada masyarakat. Semoga.

Laporan dari Yunianto, S.Kom dari kegiatan Forum Pengelola Website, Yogyakarta 17 Maret 2016