Kategori
Berita Terbaru

Gubernur Lampung Lakukan Pencanangan Vaksinasi Rabies

Bertempat di halaman Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung yang dihadiri oleh Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, Komnas Zoonosis, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan yang diwakili oleh Kasubdit P3H drh. Mardiatmi serta Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Kepala Balai Veteriner Lampung, berlangsung kegiatan Pencanangan Bulan Bakti Rabies Provinsi Lampung 2014, selasa 2 September 2014. Kegiatan ini dijadwalkan akan dilakukan secara simultan selama sebulan penuh yaitu di bulan September 2014.

Dalam arahannya, Gubernur Lampung meminta dinas Provinsi beserta dinas Kabupaten untuk mewujudkan cakupan vaksinasi 70%. Harapan ini dapat terwujud jika dinas menerapkan rantai dingin secara ketat. Korban manusia yang sudah tidak ditemukan kembali dan menurunnya kasus rabies setiap tahunnya memotivasi Provinsi Lampung untuk bebas Rabies, jika cakupan protektifitasnya memenuhi sehingga terwujudnya Imun Belt

drh. Mardiatmi selaku perwakilan dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, menyampaikan bahwa vaksinasi massal merupakan cara yang efektif dalam pengendalian dan penanggulangan rabies. Keberhasilan pelaksanaan vaksinasi massal rabies akan memberikan jaminan bahwa masyarakat aman dari ancaman bahaya penyakit anjing gila. Pelaksanaan vaksinasi massal ini diharapkan bisa menjadi fondasi awal dalam rangka mencapai Provinsi Lampung bebas  rabies. Beliau juga mengingatkan kepada petugas vaksinasi untuk bekerja keras dan memvaksinasi semua anjing yang ada di Provinsi Lampung, serta meminta kepada Bupati/Walikota serta jajaran SKPD di Provinsi Lampung untuk berkomitmen mensukseskan pelaksanaan program pengendalian dan penanggulangan rabies.

Laporan drh Tri Guntoro, MP