Hasil Analisa Data Surveilans HPAI Bvet Lampung

Hasil analisa data serologik HPAI

Pengambilan sampel serum unggas dilakukan dengan tujuan mengetahui gambaran titer antibodi unggas, sebanyak 1322 serum berhasil diperoleh. HI ≥ 4log2 didefinisikan sebagai unggas yang telah divaksin protektif terhadap virus HPAI H5N1 sedangkan Flok protektif adalah flok dengan jumlah individu unggas yang ditest sebanyak 70 % protektif. Hasil analisa data serologis terlampir sebagai berikut : 

HPA1

Informasi deskriptif peternakan diperoleh melalui metoda wawancara, sebanyak 93 peternakan telah dikunjungi, secara detail tersaji dibawah ini :

HPA2

Hasil analisa data virologik HPAI

Pengambilan sampel swabpada surveilans aktif dilakukan dipeternakan, pengepul unggas dan pasar, pada peternakan sebanyak 4 dari 229 pool positif HPAI, pasar sebanyak 1 dari 132 pool positif HPAI, mayoritas sampel positif berasal dari surveilans pasif, secara detail tersaji dibawah ini :

HPA3

HPA4

HPA5
Kecamatan tertular HPAI Januari-Juli 2014

Dengan melihat kondisi tersebut maka diperlukan penguatan biosekuriti untuk melokalisir kasus dan mengupayakan pencegahan terhadap penyebaran Avian Influenza. Selain itu diperlukan kajian lanjutan terhadap epidemiologi molekuler untuk mengelompokkan jenis virusnya hingga ke subtipenya.

Laporan Rutin Dikeluarkan oleh Laboratorium Epidemiologi Bvet Lampung

BERITA TERKINI