Infeksi virus Orf pada Kambing

Orf (ecthyma contagiosa, contagious pustular dermatitis, scabby mouth) merupakan penyakit dermatitis akut menular yang meyerang kambing atau domba. Penyakit ini sama dengan pseudocowpox atau bovine papular stomatitis yang menyerang sapi. Mortalitas penyakit ini sangat rendah, tetapi morbiditasnya sangat tinggi terutama di hewan muda.

 Untitled-1

Penyebab

Orf disebabkan oleh virus parapox. Virus ini termasuk ke dalam family Poxviridae. Virus Parapox termasuk virus golongan DNA dengan panjang 130-210 kb.

 

Penularan

Penularan penyakit ini melalui kontak langsung dengan sesama hewan. Selain itu pakan dan muntahan juga dapat sebagai bahan penularan bagi ternak yang berada dalam satu kandang.

 Gejala klinis

  • Adanya lesi papula yang akan melanjut menjadi pustula yang diakhiri dengan bentukan krusta yang tebal (keropeng). Lesi ini biasanya terjadi di mulut, kelopak mata, kaki, puting susu dan gusi.
  •  Krusta juga dapat ditemukan di sekitar anus

Orf banyak menimbulkan kerugian bagi peternak disebabkan karena penurunan berat badan dan dapat menyebabkan terjadinya infeksi sekunder. Selain itu Orf juga bersifat zoonosis. Penularan ke manusia dapat terjadi melalui kontak langsung dengan ternak sakit.

Pengendalian

 Pencegahan dan pengendalian penyakit ini sangat sulit. Reinfeksi dan infeksi kronis dapat terjadi. Vaksinasi dapat dilakukan pada ternak betina pada saat bunting.

 Sumber : Kasus orf pada kambing di Kec. Bandar Mataram

Referensi : Murphy, F.A., Gibbs, E.P.J., Horzinek, M.C., and Studdert, M.J. 2008, Orthomyxoviridae dalam Veterinary Virology, 3th edition, 525 B Street , Suite 1900, San Diego, California 92101-4495, USA : 277-291

Penulis :

drh. Eko Agus Srihanto, M.Sc (Lab. Bioteknologi)

drh. A. Joko Siswanto (Lab. Patologi)

BERITA TERKINI