Jelang Asian Games XVIII 2018, Bvet Lampung Terjunkan Team Ke Palembang untuk Surveilance Produk Pangan Asal Hewan

Tubuh membutuhkan asupan makanan tak terkecuali produk makanan asal hewan. Sebagian besar otot dan organ tubuh terdiri dari protein. Produk makanan asal hewan merupakan penunjang kebutuhan tubuh terhadap protein hewani. Protein hewani sangat penting antara lain sebagai sumber energi serta untuk membangun dan memelihara kesehatan tubuh. Protein hewani yang biasa kita konsumsi antara lain daging beserta olahannya seperti bakso, sosis, nugget dll, susu dan olahannya, telur, ikan dan sea food. Dikarenakan tingginya kadar protein pada produk pangan asal hewan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan bakteri sangat baik. Bakteri yang berkembang tersebut dapat menyebabkan kerusakan dan pembusukan produk yang akan membahayakan yang mengkonsumsinya. Selain dari cemaran mikroba ada cemaran lain seperti residu antibiotik dan hormon yang akumulasinya berdampak pada kesehatan manusia. Jaminan terhadap keamanan pangan saat ini sudah menjadi tuntutan masyarakat seiring dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan. Oleh karena itu pemerintah membuat acuan Standar untuk batasan cemaran dan residu pada bahan pangan asal hewan.

ASIAN GAMESBalai Veteriner Lampung melakukan kegiatan rutin surveillance terhadap produk pangan asal hewan di Kota Palembang guna untuk menunjang keamanan pangan terutama menjelang perhelatan akbar Asian Games XVIII tahun 2018 yang akan dilaksanakan di Jakarta-Palembang. Surveillance ditargetkan ke arah cold storage baik itu pada distributor ataupun store yang menjual daging, tempat pemotongan hewan, pengepul telur serta produsen bakso.

Daging yang berada di disributor biasanya merupakan daging impor. Daging tersebut antara lain berasal dari Australia dan New Zealand untuk daging sapi serta India untuk daging kerbau. Daging-daging tersebut nantinya akan didistribusakan kembali ke hotel, restaurant, serta store seperti mall yang menjual jenis daging beku. Pengambilan sampel pada cold storage distributor ditujukan untuk pengecekan mengenai cemaran mikroba yaitu E. Coli, Staphylococcus aureus, dan Salmonella sp. Selain cemaran mikroba, sampel daging juga diperiksa Residu Antibiotika dan residu hormon. Hal tersebut berkaitan dengan proses penanganan daging saat proses import dan saat proses penyimpanan, serta pada saat penanganan hewan hidup yang kurang sesuai kapan waktu pemotongannya. Sedangkan pengambilan sampel daging pada store atau tempat penjualan adalah untuk melakukan pengecekan apakah terjadi perubahan yang signifikan terhadap kualitas daging yang berasal dari distributor. Pengambilan sampel telur dan bakso juga bertujuan sama yaitu dilakuakan pengecekan terhadap cemaran mikroba.

Selain bahan pangan asal hewan tersebut, juga dilakukan pengambilan sampel sarang walet. Hal ini merupakan awal pertama kali Balai Veteriner melakukan pengambilan sampel sarang walet. Sarang walet diketahui banyak manfaatnya bagi kesehatan. Harga sarang walet yang mahal dan target pasar walet adalah kalangan menengah atas serta sebagai komoditi eksport mewajibkan produsen pengolahan sarang walet harus memenuhi persyaratan negara pengimport.

ASIAN GAMES3

Unit-unit usaha yang berhubungan dengan pangan asal hewan yang telah memenuhi syarat higiene dan sanitasi perlu diberikan serifikat kontrol veteriner sesuai permentan No. 381/Kpts/OT.140/10/2005 tentang pedoman sertifikasi kontrol veteriner unit usaha pangan asal hewan. Dengan adannya sertifikat yang biasa dikenal dengan NKV memberikan ketenangan pada masyarakat yang akan mengkonsumsi produk asal hewan. Unit usaha yang telah memiliki NKV telah terjamin higiene dan sanitasinya. Sedangkan unit usaha yang sedang proses pengajuan NKV perlu pendampingan dari dinas peternakan, direktorat kesehatan masyarakat veteriner serta laboratorium pengujian untuk menyatakan bahwa produk mereka telah memenuhi syarat.

Dengan adanya surveillance terhadap produk pangan asal hewan diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk untuk masyarakat, sehingga meminimalkan kejadian kesakitan akibat dari keracunan produk pangan asal hewan. Selain itu, memberikan rasa aman pada para peserta Asian Games 2018 saat mengkonsumsi makanan asal hewan. Untuk unit usaha yang sudah memiliki NKV dan proses NKV akan terbantu dalam hal hasil pemeriksaan laboratorium.

Surveillance terhadap produk hewan di daerah Palembang dan sekitannya akan dilakukan pengulangan pada bulan April-Mei 2018 berkaitan dengan pendampingan keamanan produk hewan menjelang Asian Games bulan Agustus 2018.

drh Sisca Valinata
Medik Veteriner Lampung
Lab. Parasitologi

BERITA TERKINI