Kasus Konfirmasi Rabies dan AI


Kasus Konfirmasi Rabies di Kota Bandar Lampung

Pada Juli 2014 anjing berpemilik dengan gejala hipersalivasi  menggigit 1 orang laki-laki, umur 5,5 tahun, gigitan pada bagian tangan, anjing tersebut  mati setelah diobservasi selama 3 hari, hasil pemeriksaan FAT dan Seller’s menujukkan positif rabies.

Diperlukan kewaspadaan dengan memperhatikan status vaksinasi dari HPR yang ada di rumah (hewan berpemilik) sehingga akan membuat kekebalan kelompok dan perlu dilakukan monitoring terhadap hasil vaksinasi yang telah dilakukan.

HPAI Chicken

Kasus konfirmasi Avian Influenza tipe A

Peternak bebek mengajukan pemeriksaan RT PCR AI ke Balai Veteriner Lampung pada hasil RT-PCR menujukkan 1 pool sampel positif Avian Influenza tipe A, bebek berumur 4 bulan dan tidak menujukan gejala klinis HPAI.

Sebelum tahun 2012 bebek belum pernah ditemukan kasus Avian Influenza tetapi di akhir tahun 2012 terjadi outbreak AI pada bebek diikuti dengan gejala klinis. Tetapi dalam beberapa bulan terakhir sering ditemukan konfirmasi Avian Influenza tipe A tanpa diikuti dengan gejala klinis.

Untuk itu diperlukan pengawasan ketat terhadap lalu lintas hewan, sehingga dengan pengawasan tersebut tidak memberikan peluang akan terjadinya penyebaran penyakit dalam hal ini Avian Influenza pada itik.

Laporan Rutin Dikeluarkan oleh Laboratorium Epidemiologi Bvet Lampung

BERITA TERKINI