Lampung Timur masuk ‘Radar’ Surveilans Jembrana

Bvet Lampung mengutus satu tim untuk melakukan Surveilans Penyakit Jembrana di Kecamatan Way Bungur Kabupaten Lampung Timur, Propinsi Lampung pada 26 Agustus 2014. Tim Bvet yang dibantu oleh petugas dari Dinas Peternakan Kab. Lampung Timur ini melakukan kegiatan pengamatan langsung melalui pemeriksaan fisik dan klinis serta pengambilan spesimen berupa darah dalam EDTA.

Dari data di lapangan dan hasil wawancara langsung dengan petugas setempat diperoleh data bahwa Kabupaten lampung Timur selama ini belum pernah terjadi kejadian penyakit yang mengarah ke penyakit Jembrana. Sedangkan dari pengamatan langsung di lapangan bahwa sapi-sapi yang dikelola petani setempat terlihat baik dan sehat.

Pemeriksaan darah dalam EDTA yang kemudian diproses untuk diambil Buffycoati yang dibawa ke Bvet Lampung berhasil mendapatkan spesimen sebanyak 84 sampel yang kemudian akan diperiksa di Laboratorium Bioteknologi Bvet Lampung.

Beberapa saran yang perlu ditingkatkan dari pengelolaan sapi di Kecamatan Way Bungur, Kabupaten lampung timur antara lain:

  • Manajemen pemeliharaan ternak sapi perlu ditingkatkan
  • Kualitas pakan dan pemberian pakan perlu ditingkatkan
  • Perlu dilakukan penyemprotan lalat ekstoparasit lain
  • Perlu adanya perhatian khusus dari dinas terkait untuk memberikan arahan dan masukan tentang penyakit hewan sehingga pengetahuan peternak menjadi bertambah.

Laporan Ahmad Jarkasih, A.Md

BERITA TERKINI