Kategori
Berita Terbaru

Lampung TV: Pencampuran Daging Celeng dengan Daging Sapi

gun

Pada tanggal 18 Juli 2014 pihak Lampung TV datang ke kantor Balai Veteriner Lampung ingin mendapatkan informasi tentang pencampuran daging celeng dengan daging sapi.  Dalam penjelasan yang diberikan oleh drh. Agus Srihanto, M.Sc dan drh. Tri Guntoro, MP kepada Lampung TV  dalam melakukan pemilihan daging yang sesuai dengan persyaratan Aman Sehat Utuh dan Halal. Adapun beberapa isu yang kami sampaikan kepada Lampung TV sbb:

  1. Pencampuran daging sapi dengan daging celeng (babi hutan) kerap terjadi di masyakarat desa dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harus membeli ke pasar;
  2. Masyarakat diminta untuk mencurigai daging yang dijual dengan tidak menggantung dan memperhatikan kios-kios daging baru.

Dengan kemampuan yang dimiliki oleh Balai Veteriner Lampung yang mampu melakukan uji identifikasi spesies dalam membedakan daging sapi dengan daging celeng/ babi bahkan dengan daging tikus yang dibedakan secara molekuler melalui DNA. Diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir dan cemas jika ada kecurigaan langsung laporkan dan komunikasikan melalui laboratorium kami. Selain itu juga untuk para pedagang jangan coba-coba untuk melakukan pencampuran yang akan merugikan semua pihak.

Semoga informasi yang melalui Lampung TV dapat memberikan kenyamanan masyarakat Lampung dalam menkonsumsi protein hewani. [triguntoro]