Kategori
Artikel

Manajemen Personality dalam Rangka Koleksi Aseptor Gangrep (#Gangrep Part 2)

Manajemen personality menjadi penting dalam rangka mensukseskan UPSUS SIWAB terutama dalam rangka koleksi data dan aseptor Gangrep.  Sesuatu yang didelegasikan sesuai porsi masing – masing tanpa maksud memanfaatkan adalah hal penting dalam kemampuan manajerial komunikasi.

Transfer power.  Dalam satu kelompok masyarakat atau kelompok peternak pasti ada sosok yang disegani dan dihormati.  Bisa ketua kelompok, pemilik ternak, ketua adat, kyai, romo dan pastur  yang didalam komunitas tersebut omongannya diikuti oleh khalayak.  Maka langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Datangi tokoh masyarakat tersebut dengan santun
  2. Transformasikan tujuan kita dengan benar. Komunikasi non verbal penting sebagai awal.  Makanan atau oleh – oleh sekedarnya tapi istimewa adalah hal yang elegan dan santun.  “Bahasa yogya”nya lambeyan ngomong sebagai alat bantu komunikasi kita.
  3. Diharapkan yang berbicara kepada peternak adalah tokoh masyarakat tersebut.
  4. Seandainya pertemuan pertama belum berhasil akrab, lanjutkan ke pertemuan kedua.
  5. Identifikasi first follower. Orang – orang yang langsung ikut dengan ide – ide kita.  Jumlahnya akan sedikit sekitar 2 samapi dengan 3 orang.  Pegang dengan baik first follower kita ini.  Memorandum of Persaudaraan (MoP).  Lakukan pada first follower peternak atau kelompok ternak.
  6. Lakukan aktivitas awal yang mudah, quick win. Syaratnya :
  • Mudah dilakukan
  • Tingkat tercapainya target tinggi (80%% terlaksana)
  • Paling rendah tingkat penolakan atau resistensi dari peternak atau pemilik

Jadi seperti makan bubur panas.  Makannya dari tepi kemudian lama – lama ketengah, dengan seiring waktu.  Bubur yang panas dan banyak lama – lama akan dingin dan menipis.  Mudah dimakan, aman dan tidak membuang energi untuk menghadapi kelompok – kelompok yang resisten.

Monggo dicoba, di penanganan gangrep upsus siwab.  Sekali lagi jangan kejar sapi sebelum kejar pemiliknya atau anak gadisnya ….Ups, rahasia ya…

Note Path kultum gangrep siwab #2 by Enny Saswiyanti

Artikel ditulis berdasarkan diskusi dan pencerahan dari Drh. Agung Budiyanto, PhD di grup AMERVI dan Gangrep Sumsel Babel