Lab. Parasitologi

Laboratorium Parasitologi merupakan salah satu Laboratorium yang ada di Balai Veteriner Lampung. Dalam mendukung kegiatan Percpatan Swasembada Daging Sapi dan Kerbau keberadaan Laboratorium ini sangat dibutuhkan. Laboratorium ini melakukan beberapa pengujian diantaranya:

  1. Uji Natif;
  2. Epg Mc Master;
  3. Sedimentasi;
  4. Identifikasi Ektoparasit;
  5. Sentrifugasi Hematokrit;
  6. Elisa

Pengujian yang dilakukan dapat dijadikan bahan evaluasi terhadap keberhasilan dari manajemen peternakan di suatu daerah. Dengan informasi yang cepat, tepat dan akurat maka kejadian kecacingan dapat segera dilakukan tindakan sesuai dengan penyebabnya.

Kejadian tentang Tripanosoma yang senantiasa meningkat dalam beberapa waktu terakhir menjadikan diagnosa lapangan yang cepat sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya penularan yang cepat. Karena Tripanosoma dapat menyebar dengan bantuan lalat. Balai kami melalui laboratorium Parasit telah mampu melakukan pengujian tersebut.

Saat ini juga sedang dikembangkan pengujian Toxoplasmosis dengan menggunakan Elisa IGG menuju IGM. Dengan terselesaikanya pengujian Toxoplasmosis ini maka menjawab keraguan masyarakat untuk dapat melakukan pengecekan atau pengujian laboratorium hewannya terdapat Toxoplasmosis atau tidak.