Kategori
Artikel Berita Terbaru

Pembinaan Kompartementalisasi di Kabupaten Bangka

Kabupaten Bangka berpotensi untuk pengembangan industri peternakan, terutama dibidang perunggasan. Untuk mendukung upaya peternakan unggas yang mampu bersaing dipersyaratkan untuk dilakukan kompartemen bebas AI. Di Bulan Maret Balai Veteriner Lampung didampingi oleh dinas Peternakan Provinsi dan Kabupaten melakukan assessment awal sebelum tim auditor datang untuk melakukan assessment.

 

Sesuai dengan poin B (Maksud dan Tujuan) pada Peraturan Menteri Pertanian Nomor 28/Permentan/OT.140/5/2008 tentang Pedoman Penataan Kompartemen dan Penataan Zona Usaha Perunggasan, bahwa penataan kompartemen bertujuan : (1) mengendalikan dan memberantas penyakit Avian Influenza (AI), (2) menjamin agar unggas dan produk unggas yang dihasilkan aman berkualitas/bermutu dan terbebas dari penyakit AI, (3) mencegah masuk dan menyebarnya penyakit AI melalui lalu lintas perdagangan unggas dan produk unggas. Dan salah satu aspek dalam penataan kompartemen adalah surveilansi terhadap penyakit AI di dalam usaha perunggasan yang dimaksud.

Ada beberapa rekomendasi dalam kunjungan tersebut:

  1. SOP yang diturunkan dalam intruksi kerja: belum lengkapnya dokumen agar segera melengkapi;
  2. Catatan kesehatan hewan: semua hasil pengujian untuk dapat di dokumentasikan;
  3. Catatan tentang fumigasi dan uji partikel biologis: hasilnya sebaiknya didokumentasikan;
  4. Lingkungan sekitar kandang dengan mengeliminasi vektor mekanik: masih ditemukan burung dan tanaman yang dapat mengundang datangnya hewan liar contoh: pohon pisang yang mengundang burung;
  5. Pelaksanaan biosecurity belum optimal dalam penerapannya.
  6. Pemanfaatan dana CSR untuk melakukan zoning di sekitar kompartemen.

Dengan kegiatan ini diharapkan mampu menjadikan PT Devi bisa mendapat kompartemen bebas Avian Influenza dan dapat mendukung upaya pembebasan AI di Pulau Belitung karena perusahaan ini salah satu yang mensuplai bibit ayam.