Pencanangan Bulan Bakti Rabies

Rabies (penyakit anjing gila) adalah penyakit hewan yang disebabkan oleh virus, bersifat akut serta menyerang susunan saraf pusat. Hewan berdarah panas dan manusia. Rabies bersifat zoonosis artinya penyakit tersebut dapat menular dari hewan ke manusia dan menyebabkan kematian pada manusia dengan CFR (Case Fatality Rate) 100%. Virus rabies dikeluarkan bersama air liur hewan  yang terinfeksi dan disebarkan melalui luka gigitan atau jilatan.

rabiesssss

Pencanangan Bulan Bakti Rabies ini dicanangkan oleh Wakil Gubernur Lampung Bpk Bakhtiar Basri. Dalam pesanya menyampaikan Lampung harus bebas rabies di tahun 2018. Tentunya hal ini perlu didudukung pelaksanaan vaksinasi yang sesuai dengan SOP yang dibuat diantaranya : Vaksin yang digunakan, Rantai dingin (Cold Chain), Ketrampilan petugas. Adapun kegiatan ini di lapangan desa, kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selata, Lampung.

Selain itu peran Balai Veteriner Lampung sangat membantu dalam surveilans dan monitoring penyakit hewan dan juga evaluasi hasil dari vaksinasi, jelas penulis (drh. Tri Guntoro, MP). Pembebasan penyakit rabies ini akan berhasil jika nilai Protektifitas dari HPR yang divaksinasi > 70 %. Kegiatan ini salah satu rangkaian kegiatan memperingati Hari Rabies sedunia tanggal 28 September.

Laporan drh Triguntoro, MP

BERITA TERKINI