Kategori
Artikel Berita Terbaru

Penguatan Isikhnas: Upaya menekan kasus kejadian Penyakit Hewan Menular Strategis

Sistem informasi kesehatan hewan nasional sangat dibutuhkan dalam melakukan upaya untuk menekan kasus, pemberantasan, pengendalian dan pembebasan penyakit hewan dalam suatu daerah. Integrates SIKNAS merupakan suatu sistem informasi kesehatan hewan yang terintegrasi dari tingkat desa hingga pimpinan dalam struktur kesehatan hewan nasional. Dengan adanya sistem ini dapat dilakukan pemantauan situasi penyakit hewan secara bersama dan informasi yang diperoleh dengan cepat karena sistem ini secara real time terlaporkan.

Untuk pelatihan secara berjenjang diharapkan terjadi penyampaian informasi yang sama di setiap struktur geografis maka Balai Veteriner Lampung melakukan pelatihan TOT untuk calon koordinator kabupaten di beberapa wilayah Balai Veteriner Lampung. Materi yang didapat adalah sistem pelaporan dan output yang akan didapatkan jika informasi yang diberikan secara benar karena prinsip dan filosofi Isikhnas adalah sederhana dan semua bisa menggunakan.

 isik1

Dengan grafik ini maka kita akan mendapatkan informasi tentang jumlah kasus diagnosa banding per minggu (jika laporan).

isik2

Dengan Isikhnas juga kita bisa mendapatkan informasi secara spatial, buffer yang tertera dalam peta menunjukkan data yang dapt digunakan untuk pembatasan antara daerah wabah atau daerah surveilans.

TOT Isikhnas untuk koordinator kabupaten berjalan dengan lancar dan didapatkan output yang baik terbukti dengan beberapa peserta langsung menggunakan sistem ini digunakan untuk pelaporan kasus penyakit hewan.

(Panitia TOT Isikkhnas Kabupaten)

2 tanggapan untuk “Penguatan Isikhnas: Upaya menekan kasus kejadian Penyakit Hewan Menular Strategis”

Bagaimana isikhnas ini diterapkan untuk daerah yang belum pernah mengikuti pelatihan?

Komentar ditutup.