SOP Informasi Publik

BAGAN PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK

  1. Permohonan Informasi Publik mengajukan permintaan informasi kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID),baik langsung secara lisan, melalui surat atau surat elektronik (email),dan juga permontaan dapat dilakukan melalui telepon
  2. Permohon informasi harus menuliskan jenis informasi yang diinginkan pada form yang tersedia yaitu Form 1A untuk perorangan atau Form 1B untuk badan hukum/badan publik/kelompok
  3. Pemohon informasi secara tertulis dan tidak tertulis wajib melampirkan :
    • Akta pendirian dan perubahannya (badan hukum)
    • Kartu Tanda Penduduk (KTP) (perorangan)
    • Surat Kuasa atau Surat Tugas (wakil Badan Publik/Badan Hukum/Kelompok)
    • Mengisi form permintaan informasi yang disediakan di desk/counter PPID atau di website
  4. Pengelola PPID mencatat semua informasi yang disebutkan oleh pemohon
  5. Pemohon informasi harus meminta tanda bukti penerimaan (form 2) kepada PPID bahwa telah melakukan permintaan informasi,serta nomor pendaftaran
  6. Dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja Pejabat PPID harus memberikan jawaban tertulis atas permintaan informasi yang dibutuhkan.PPID dapat meminta perpanjangan waktu 7 (tujuh) hari kerja untuk memenuhi permintaan informasi disertai alasan perpanjangan.
  7. Setelah waktu yang ditentukan pemohon menerima informasi yang diminta.
  8. Jika pemohon merasa tidak puas dengan informasi yang diberikan maka dapat mengajukan keberatan informasi
  9. selengkapnya bisa diunduh di sini