SPI Bvet Lampung Terbaik Kedua

10373499_760541597318714_4145038492644040421_n
(kanan) Dr. Ir. Riwantoro, MM menyerahkan Penghargaan
(kiri) Kasubbag TU drh Enny dan bagian kepegawaian Tri Haryani, SE

Salam SPI, Smart… Speed… Strict…

Merupakan Motto/Semboyan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah untuk menyemangati dalam upaya penerapan SPI di lingkup Kementerian Pertanian, salam SPI ini juga digunakan pada acara forum SPI Nasional pada tanggal 2-4 Juni 2014, di Bandung yang dibuka oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Dr. Ir. Riwantoro, MM.

Dalam arahannya, beliau menjelaskan bahwa ada beberapa tahapan tentang  pengembangan SPIP antara lain:

  • Fase knowing untuk meningkatkan pemahaman dan penyamaan persepsi SPI melalui berbagai kegiatan sosialisasi, koordinasi dan Pembinaan SPI;
  • Fase mapping untuk mengidentifikasi kondisi dan tujuan implementasi SPI melalui kegiatan penilaian risiko;
  • Fase norming untuk membangun pondasi infrastruktur SPIP melalui kegiatan penerbitan Petunjuk Pelaksanaan SPI, Pedoman Teknis SPI Kegiatan Bidang PKH, SOP, dan Pengembangan kompetensi Satlak PI; 4) fase forming untuk membangun unsur-unsur SPIP melalui kegiatan implementasi dan internalisasi SPI; dan 5) fase performing untuk memetik dan melihat manfaat implementasi SPI melalui kegiatan monitoring dan evaluasi serta penilaian penerapan SPI.

Peningkatan kualitas dan pengembangan implementasi SPI melalui tahap-tahap tersebut, bukan hanya sekedar formalitas administratif tapi benar-benar ter-internalisasi ke dalam pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi dan kegiatan pembangunan peternakan dan kesehatan hewan nasional.

Untuk meningkatkan kualitas implementasi SPI di UPT lingkup Ditjen PKH, pada tahun 2014 dilakukan pembinaan implementasi SPI di seluruh UPT lingkup Ditjen PKH (22 UPT)., dilanjutkandengan penilaian dan diberikan penghargaan /award atas kinerja implementasi SPI di UPT tersebut berupa sertifikat, untuk menjadi dorongan semangat bagi UPT. Alhamdulillah Balai Veteriner mendapat predikat terbaik kedua tingkat eselon 3. Berikut para pemenangnya

Penghargaan tersebut diberikan kepada 3 eselon 2 dan 3 eselon 3 terbaik dalam mengimplementasikan SPI yaitu :
1. UPT eselon 2 terbaik pertama diberikan kepada BBIB Singosari
2. UPT eselon 2 terbaik kedua diberikan kepada Pusat Veteriner Farma Surabaya
3. UPT eselon 2 terbaik ketiga diberikan kepada BBVet Wates
4. UPT eselon 3 terbaik pertama diberikan kepada BIB Lembang
5. UPT eselon 3 terbaik Kedua diberikan kepada BVet Lampung
6. UPT eselon 3 terbaik ketiga diberikan kepada BVet Subang

Dalam forum ini disampaikan paparan  implementasi SPI pada 4 (empat) Dinas Peternakan dan 4 (empat) UPT  dan diakhiri dengan workshop sebagai upaya untuk mengidentifikasi berbagai kendala dan permasalahan dalam implementasi SPI di seluruh Satker sesuai 5 unsur SPI, dengan solusi serta menyusun rencana tindaklanjutnya.

BERITA TERKINI