Kategori
Berita Terbaru

Surveilans Jembrana di Muko Muko

mukoRabu 20 Agustus 2014, Tim Satgas Balai Veteriner Lampung melakukan surveilans dan monitoring di Kabupaten Muko-muko yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan dilakukan di 2 kecamatan yakni, Kecamatan Teras Terunjam dan Kecamatan Penarik. Kegiatan ini rutin dilaksanakan yang bertujuan untuk mendeteksi keberadaan virus Jembrana/ Rama Dewa di kabupaten ini.

Penyakit ini merupakan penyakit viral pada sapi, biasa ditemukan pada sapi Bali, ditandai dengan berbagai gejala seperti depresi, anoreksia, demam, perdarahan ekstensif di bawah kulit, dan kebengkakan kelenjar limfe terutama limfoglandula prefemoralis dan preskapularis serta adanya diare berdarah ditemukan juga pada banyak kasus penyakit yang disertai perdarahan kulit sehingga penyakit ini juga disebut sebagai penyakit keringat darah.

Selama melakukan surveilans dan monitoring tidak ditemukan gejala yang menciri ke Penyakit Jembrana. Tetapi hal ini masih perlu konfirmasi laboratorium untuk mendapatkan kepastian kondisi sapi bali yang ada di Kabupaten Muko muko, Bengkulu. Sampel yang kita dapatkan sebanyak 92 sampel yang selanjutnya akan dilakukan pengujian di laboratorium Bioteknologi, Balai Veteriner Lampung.

Laporan: drh Tri Guntoro, MP dan tim