Surveilans: PMK di daerah yang beresiko

PMK atau yang secara internasional dikenal sebagai foot-and-mouth disease merupakan penyakit hewan yang paling ditakuti oleh semua negara di dunia, karena sangat cepat menular dan menimbulkan kerugian ekonomi yang sangat luar biasa besarnya. Seluruhnya ada 15 jenis penyakit hewan menular berbahaya, yang secara ekonomis sangat merugikan, yang dimasukkan dalam daftar A oleh Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (Office International des Epizooties). Salah satu penyakit tersebut adalah PMK.

saee2

Telah dilakukan surveilans berbasis resiko PMK di Kabupaten Banyu Asin, Sumatera Selatan. Kabupaten ini dipilih dikarenakan memiliki populasi diatas 5000 dan berdekatan dengan bandara internasional Sumatera Selatan. Swill feeding menjadi kriteria dalam penentuan lokasi sampling dan dilokasi ini terkadang menggunakan pakan sisa walaupun yang pokok adalah pakan olahan.

Pengujian yang dilakukan oleh Pusvetma dengan metode Elisa NSP untuk mendeteksi antibodi terhadap protein non struktural PMK dengan hasil negatif ( babi, 37 dan sapi, 10). Dari gejala klinis pada babi yang nampak sakit tidak ada gejala yang menunjukkan PMK seperti tertera di foto diatas.

Tentunya surveilans partisipatif tetap dibutuhkan oleh petugas lapangan melalui respon dini dengan menggunakan sistem pelaporan yang terintegrasi yakni Isikhnas.

 

drh Tri Guntoro, MP

Kasi Infovet Balai Veteriner Lampung

 

BERITA TERKINI