BMN

Bagian barang merupakan kesatuan dari Bagian Keuangan yang tidak terpisah, oleh karena itu setiap bulannya harus dilakukan rekonsiliasi antara bagian barang dan bagian keuangan untuk mencocokkan antara jumlah uang yang dibelanjakan dengan barang yang diadakan.

Adapun kegiatan yang dilakukan di bagian barang ada 2 bagian, yaitu :

  1. Barang persediaan, meliputi penyediaan barang operasional sehari-hari baik untuk keperluan laboratorium maupun administrasi berupa barang habis pakai seperti bahan kimia biologik dan ATK untuk administrasi dll.
  2. Barang Milik Negara (BMN), berupa peralatan dan mesin untuk menjalankan operasional seperti peralatan laboratorium, mobil, gedung dll yang merupakan barang aset tetap atau disebut juga Barang Modal.

Bagian barang/persediaan dan Barang Milik Negara melakukan pelaporan ke bagian perlengkapan Ditjennak Keswan. Dalam setahun 2 kali semester I dan II yang didahului dengan rekonsiliasi dengan bendahara pengeluaran dan bendahara barang selanjutnya dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

Kegiatan akhir tahun setelah Berita Acara Rekonsiliasi selesai selanjutnya dilakukan reveu Irjen kementerian pertanian dan Badan Pemeriksa Keuangan yang menghasilkan Berita Acara Kesepatana antara Irjen, BPK dan Bagian Barang atas nama Satker hasil Berita Acara Kesepakatan merupakan laporan audit.

Laporan Barang Persediaan 2020

Laporan Barang Kuasa Pengguna 2020

Laporan BMN 2019

Laporan BMN 2018

Laporan BMN 2017

laporan BMN 2016

Laporan BMN 2015