Terjun ke Bengkulu Tengah, Tim Bvet Lampung Lakukan Surveilans Penyakit Reproduksi

IMG_20140618_124443Balai Vetener Lampung menurunkan satu tim yang dipimpin oleh drh. Hamdu Hamjaya Putra untuk melakukan surveilans dan monitoring di Kabupaten Bengkulu Tengah, tepatnya di Desa Abu Sakim dan Desa Sri Kanton, Kecamatan Pondok Kelapa Kab. Bengkulu Tengah pada 17 -20 Juni 2014.  Selama kegiatan di lapangan Tim dibantu oleh empat orang petugas dari Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan kabupaten Bengkulu. Dua orang petugas senior yaitu bapak Kunto dan Bapak Fadli dan dua orang THL.

Jumlah ternak sapi yang dimonitor di kecamatan Pondok Kelapa sebanyak 45 ekor dari dua desa yaitu desa Abu Sakim dan Desa Sri Katon. Desa Abu Sakim Kecamatan Pondok Kelapa Kab. Bengkulu Tengah sebanyak 35 ekor. Kondisi sapi di desa Abu Sakim cukup baik dan manajemen reproduksi baik secara alam maupun secara buatan (IB) sudah pernah dilakukan. Jenis sapi yang dipelihara di desa ini mayoritas adalah sapi Bali yang berumur rata-rata 1,5 tahun.

Untuk mengetahui kondisi reproduksi sapi, selain anamnesa dari peternak dilakukan pula pengamatan luar tubuh sapi untuk mengetahui kondisi reproduksi ternak. Selain itu juga dilakukan pengambilan sampel swab hidung dan semen beku dari straw di daerah tersebut untuk pemeriksaan IBR dengan metode PCR.

Berdasarkan pengamatan dan keterangan dari peternak sapi selama lima bulan terakhir belum pernah mengalami gangguan reproduksi. Sapi yang bunting berjumlah satu ekor dan milik salah seorang peternak pribadi di desa Abu Sakim. Selain itu diketahui pula dari petugas lapangan bahwa lebih dari 50 % sapi bali di desa Abu Sakim sudah divaksin SE sejak 2 bulan yang lalu (bulan April), dan sapi yang divaksin hanya sapi yang sehat. Sapi tersebut juga sudah pernah dilakukan manajemen reproduksi baik secara alam maupun secara buatan (IB).

Laporan drh. Hamdu Hamjaya Putra dan tim

BERITA TERKINI