Kategori
Berita Terbaru

Tingkatkan Jaminan Mutu, Bvet Lampung lakukan Reasessment SNI ISO/IEC 17025:2008

IMG_3255Balai Veteriner (BVet) Lampung sebagai Laboratorium  terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) berkomitmen untuk terus menerapkan jaminan sistem mutu pengujian laboratorium.  Untuk mewujudkan hal tersebut maka dilakukan reassesment atau penilaian kembali terhadap penerapan  SNI ISO/IEC 17025:2008 di Laboratorium BVet Lampung pada tanggal 29 – 30 September 2014.

Laboratorium penguji BVet Lampung telah terakreditasi oleh KAN  sejak tahun 2002 dengan  Nomor  LP 181 IDN.  Sampai dengan tahun 2014 ini telah terakreditasi 23 pengujian dan akan ditambah lagi 3 pengujian untuk masuk ruang lingkup akreditasi.  Diharapkan setiap tahun selalu bertambah pengujian yang masuk ruang lingkup akreditasi.

Assesment dilakukan oleh assesor dari KAN yaitu Dr. Saptawa J. Fardhal dan Drh. Agus Susanto, M.Si. Hasil reviu assesor secara keseluruhan Laboratorium BVet telah menerapkan sistem jaminan mutu untuk pelayanan pengujian Laboratorium.  Walaupun demikian ada beberapa ketidaksesuaian – ketidaksesuaian dengan klausul mutu sehingga harus dilakukan perbaikan dan tindak lanjut.  Tindak lanjut diharapkan tidak lebih dari 54 hari kerja.  Drh. Syarifah Alawiah sebagai Manajer Teknis dan Drh. Suryantana sebagai Manajer Mutu berjanji akan secepatnya menyelesaikan tindaklanjut temuan dan ketidaksesuain.  Karena ketidaksesuaian  dan temuan assesor adalah cambuk untuk  peningkatan kinerja dan mutu  Laboratorium BVet Lampung dapat lebih lagi dimasa yang akan datang.  Semoga….

drh Enny Saswiyanti, M.Si