Kategori
Artikel

Topologi Analisis Jaringan Sosial (Social Network Analysis)

Network Analisis

Network (jaringan) adalah beberapa elemen yang kemungkinan berhubungan atau tidak. Unit yang  berhubungan atau diingankan disebut NODES, atau biasa disebut actors (diilmu sosial) atau VERTCES (ilmu fisik dan matematika), sedangkan LINKS (edge,tie, arch) adalah beberapa bentuk hubungan

Jaringan dapat diklasifikasi langsung dan tidak langsung, hubungan langsung hanya dapat berhubungan satu arah, contoh surat hanya bisa dikirimkan oleh pengirim dan diterima oleh seseorang. Hewan yang menghuni suatu ruangan yang ditempati oleh hewan lainya sebelumnya dapat menulari penyakit dari hewan yang pertama ke hewan kedua, tapi tidak sebaliknya, hal ini sama dengan peternakan yang membeli ternak dari peternakan lain, dapat menularkan penyakit ke peternakannya, namun tidak menginfeksi peternakan penjual (apabila kemungkinanpenularan dari truk dihilangkan).

Sebaliknya hubungan tidak langsung dapat berhubungan kesemua arah, contohnya pembicaraan yang mengandung informasi dapat mengantarkan informasi ke semua orang dalam suatu pembicaraan, contoh lain adalah hewan yang terinfeksi patogen pernafasan yang mampu menularkan ke hewan lain dalam jarak dekat.

Perbedaan antara link (hubungan) langsung dan tidak langsung terkadang sama-samar dan mengharuskan peneliti untuk memutuskan definisi yang cocok. Sebagai contoh, beberapa orang berkumpul pada sebuah pesta dan melakukan percakapan, namun ada satu orang yang tidak melakukan percakapan (diam),  apabila definisi hubungan (links) adalah “kesempatan untuk berpartisipasi” maka hubungan (link) termasuk dalam hubungan tidak langsung, namun apabila definisi dirubah menjadi informasi secara verbal,maka hubungan menjadi langsung.

Sama halnya dengan, peternak yang membeli hewan dari peternakan lainnya, apabila hubungan didefinisikan sebagai lalulintas hewan, maka hubungan bersifat  langsung, namun apanila kita tertarik dengan hubungan antara peternak komersil maka dapat dikategorikan menjadi hubungan tidak langsung.

Sebagai alternatif, hubungan dapat diklasifikasikan menurut sifat alami keterwakilannya :

  • Sosial : kepunyaan
  • Kognitif : mengetahu tentang
  • Affective : menyukai
  • Interaktif  : kontak, membagi dengan
  • Afiliasi  : milik suatu kelompok

Pada veteriner aplikasi netwok analisis seringkali sebagai hibungan interaktif sebagai contoh : transmisi penyakit dan perubahan finansial. Hubungan mewakili ada tidaknya suatu relasi, merefleksikan kekuatan suatu relasi, hubungan binary ada atau tidak ada, bobot suatu nilai hubungan diukur berdasarkan ukuran kekuatan, hubungan binary hanya bernilai 0 atau 1, nilai hubungan dikategorikan (ordinal atau nominal), hitungan, ikatan interval (probabilitas) atau interval yang tidak terikat.

 Kualitas hubungan antara nodes (langsung dan tidak langsung; berdasarkan sifat alami dan binary vs nilai), secara umum binary network merupakan yang paling mudah untuk dikerjakan.

Data network dapat dirubah menjadi data secara detail, sebagai contoh, nilai data dapat dikonversi menjadi data binary (dengan memilih cut off yang cocok) dan network langsung dapat dirubah menjadi tidak langsung

Keterwakilan network

Graph adalah kumpulan node atau link, sedangkan network adalah kumpulan nodes dengan attribute data, namun terkadang berguna untuk menggunakan network sebagai diagram-hal ini mengandung informasi yang banyak.

Data ditangani dengan dua cara yaitu sebagai matrik atau daftar, sebagai contoh berikut secara lengkap dapat dgambarkan dalam bentuk lengkap berupa matrik atau daftar format data. Setiap graph dapat digambarkan dalam bentuk matrik : jumlah kotak berupa baris (pengirim) dan kolom (penerima).

jaringan

ditulis oleh

drh Gunawan Setiaji

(Kepala Laboratorium Epidemiologi Balai Veteriner Lampung)