Nekropsi Bovine Spongioform Encephalopathy

Bovine Spongioform Encephalopathy (BSE) adalah penyakit yang bersifat progresif menyerang system syaraf pusat (central nervous system/CNS) pada sapi dewasa. Penyakit ini juga dikenal sebagai penyakit sapi gila atau mad cow yang pada umumnya umumnya menyerang pada sapi dewasa berumur 2 – 8 tahun dan sapi perah jenis Frisien Holstein lebih peka terhadap penyakit ini (BRADLEY dan WILESMITH, 1993).

Indonesia sampai saat ini masih dinyatakan bebas dari penyakit BSE dan penyakit tersebut dikategorikan sebagai penyakit eksotik. Wabah penyakit BSE di Eropa (Inggris, Belanda dan Perancis) khususnya Inggris perlu mendapatkan perhatian mengingat negara tersebut pernah menjadi salah satu pemasok utama untuk ternak, produknya dan pakan ternak bagi Indonesia.
Oleh karena itu kita membutuhkan Surveilans untuk pengambilan spesimen obex dalam pengujian BSE. Dengan adanya video tentang Nekropsi untuk mendapatkan obex sangat membantu dalam pelaksanaan surveilans ini. Video ini kami dapatkan saat pelatihan BSE di Bvet Subang. Semoga Bermanfaat!!!

BERITA TERKINI