Please ensure Javascript is enabled for purposes of Kementerian Pertanian RI
1
Chatbot
Selamat datang , silahkan tanyakan sesuatu

Pendampingan Upaya Pembebasan Rabies di Kota Palembang oleh Bvet Lampung

  • 14/10/2024 08:23:00
  • By : Andika Eka Purbaya
  • 8
Pendampingan Upaya Pembebasan Rabies di Kota Palembang oleh Bvet Lampung

Palembang, 11 Oktober 2024 – Dalam rangka mendukung upaya pembebasan Kota Palembang dari rabies tahun 2024, Balai Veteriner (Bvet) Lampung melakukan pendampingan intensif terhadap program penanganan rabies di wilayah tersebut. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Bvet Lampung dalam mendukung program nasional Zero Rabies 2030.

 

Pendampingan ini melibatkan beberpapa dinas terkait diantaranya Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Pertanian Kota Palembang, Balai Karantina Indonesia Cabang Sumatera Selatan dan juga Balai Veteriner Lampung.

Bvet Lampung yang diwakili oleh drh Tri Guntorom MP, langsung memberikan catatan terhadap capaian pelaksanaan Palembang Bebas Rabies 2024 diantarannya:

1.      Data Kasus GHPR;

2.      Implementasi Perwali no 38 tahun 2020;

3.      Penghitungan populasi;

4.      KIE;

5.      Pelaksanaan Vaksinasi;

6.      Pemanfaatan Puskesmas dalam memasifkan vaksinasi;

7.      Evaluasi vaksinasi;

8.      Anggaran yang mendukung proses pembebasan.

 

Setelah itu drh Tri Guntoro MP, memimpin proses pembuatan Time Line yang diminta masing masing untuk menjadi Penanggun Jawab dan detil waktunya. Dan hal ini disepakati oleh semua peserta rapat koordinasi dengan dibuktikan dengan membubuhkan tanda tangan pada lembar kesepakatan komitmen bersama.

Rapat ini di buka oleh Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan Ir Ruzuan Efendi, MM dan dalam arahannya mengingatkan untuk segera dibuatkan langkah taktis dalam upaya pembebasan rabies kota Palembang tahun 2024.