Please ensure Javascript is enabled for purposes of Kementerian Pertanian RI
1
Chatbot
Selamat datang , silahkan tanyakan sesuatu

Tingkatkan Skill Bidang Peternakan, Kementan Ajari Mahasiswa Cegah Penyebaran Penyakit Ternak

  • 09/10/2024 07:47:00
  • By : Andika Eka Purbaya
  • 8
Tingkatkan Skill Bidang Peternakan, Kementan Ajari Mahasiswa Cegah Penyebaran Penyakit Ternak

Repost [Swadaya: https://www.swadayaonline.com/artikel/15257/Tingkatkan-Skill-Bidang-Peternakan-Kementan-Ajari-Mahasiswa-Cegah-Penyebaran-Penyakit-Ternak/]

Dalam manajemen peternakan, kesehatan hewan ternak menjadi factor terpenting dalam pemeliharaan. Manajemen kesehatan hewan ternak yang baik berkontribusi erat dalam usaha pencegahan penyakit dari agen-agen penyebar penyakit. 

Sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit ternak, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu secara rutin memberikan vaksin dan obat cacing setiap 3 bulan sekali kepada seluruh hewan ternak, tidak terkecuali pada Selasa (08/10/2024). 

Sebagai informasi, defisiensi vitamin dan terjadinya infestasi endoparasit  cacing dapat menyebabkan penurunan laju pertumbuhan dan berat badan ternak, kelemahan, penurunan produksi, penurunan daya tahan tubuh akibat anemia, kerusakan jaringan seperti hati dan empedu, serta bisa menyebabkan kematian hewan muda tergantung derajat infestasi. Sehingga pemberian vitamin dan obat cacing sebagai tindakan pencegahan ini sangat penting dilakukan secara rutin.

Kegiatan pemberian vitamin dan obat cacing ini juga merupakan salah satu model pembelajaran praktek bagi mahasiswa dan siswa magang. Selain ilmu pengetahuan, mahasiswa dan siswa magang juga dibekali keterampilan praktek dalam manjemen kesehatan ternak. Harapannya, mahasiswa dan siswa magang bisa mengetahui permasalahan kesehatan ternak dan mengerti solusi yang tepat dalam menghadapi masalah tersebut sebagai bekal mereka lulus nanti.

Kepala BBPP Batu, Roby Darmawan, berharap ketika lulus nanti, baik mahasiswa maupun siswa magang dapat menjadi menjadi generasi penerus bidang peternakan dan dapat menciptakan dunia kerja bidang peternakan.

“Di BBPP Batu, mahasiswa dan siswa magang bisa belajar dan praktek secara langsung, kami berharap setelah lulus nanti, kalian bisa terjun di masyarakat dan bisa menciptakan dunia kerja sendiri di bidang peternakan” ujar Roby

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dalam berbagai kesempatan terus mengajak anak muda Indonesia untuk aktif terlibat pada sektor pertanian, sebagai pilar keberlanjutan pangan nasional.

"Keterlibatan petani muda dalam pembangunan sektor pertanian Indonesia menjadi faktor keberlanjutan pangan nasional. Petani muda harus menjadi contoh bagi petani lainnya," kata Amran. 

Sementara itu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Idha Widi Arsanti, juga mengatakan pihaknya sigap menjawab tantangan regenerasi petani.

“Saat ini, petani-petani sudah semakin tua, sedangkan kebutuhan pangan tidak semakin sedikit. Itulah pentingnya mendorong regenerasi petani, yang tentunya akan menyokong ketahanan pangan,” sebut Santi. WDY/BBPP BATU